Hidupkan Lifestyle Gaming dengan ASUS ROG Phone 8



Dunia teknologi semakin lama semakin ramai dengan kehadiran berbagai inovasi dan terobosan terbaru. Penerapan teknologi yang lebih kuat dan efisien tetap menjadi salah satu yang paling diunggulkan oleh berbagai brand. Selain itu, AI menjadi bagian yang akan banyak diaplikasikan dan disebarkan di tengah masyarakat sehingga banyak brand yang telah menyematkan teknologi AI mereka ke dalam produk yang dibuat. Tidak lupa juga dengan diversifikasi pasar sesuai dengan kebutuhan teknologinya seperti segmen pasar gaming yang memerlukan performa yang kencang, segmen profesional yang menginginkan kehadiran gawai yang lebih hemat daya dan bisa digunakan di berbagai kondisi, dsb. Brand-brand besar sepertinya mengetahui arah perkembangan produk yang diinginkan oleh pasar tak terkecuali ASUS.

Mesin dan Layar Kelas Atas

ASUS kembali merilis seri smartphone gahar mereka dengan komponen-komponen mumpuni di kelasnya. ROG Phone 8 smartphone gaming dengan spek rata kanan siap menemani tahun 2024 ini dengan kemampuan yang melebihi pendahulunya. Ditenagai dengan chipset snapdragon 8 gen 3 dan didampingi ram 8553 Mbps LPDRR5X dan UFS 4.0 menjadikan gim apapun dapat berjalan mulus tanpa kendala. ROG Phone 8 menggunakan sistem pendingin clip-on AeroActive Cooler X yang dapat mengendalikan chipset snapdragon 8 gen 3 tetap dalam performa terbaiknya. Pendingin ini berukuran lebih kecil dari pendahulunya namun menawarkan performa penurunan thermal yang lebih baik sehingga permukaan dan punggung hp akan tetap dalam suhu normal


        TIdak hanya membekali dengan jeroan yang ganas, layar hp ini juga dibuat senyaman mungkin bagi para penggunanya. Layar AMOLED fleksibel 6.78” 165 Hz siap memanjakan mata para penggunanya. Layar tersebut juga sudah mendukung kecepatan sentuh 720 hz yang membuat pengalaman bermain gim dengan hp ini akan lebih menyenangkan terutama untuk gim-gim e-sport.
        Pengguna juga tidak perlu khawatir terhadap debu dan air karena ponsel gaming ini telah disertai dengan sertifikasi IP68 yang menunjukkan ketahanan terhadap debu dan air. Bahkan, mungkin apabila pengguna tidak sengaja menjatuhkan hp ini ke dalam air ROG Phone 8 akan tetap bisa digunakan asalkan kedalaman air tidak lebih dari 2 meter dan tidak sampai setengah jam. Untuk masalah desain, pengguna tidak perlu khawatir terhadap desain hp ini. ASUS ROG Phone 8 dirancang lebih tipis dari generasi sebelumnya sehingga lebih ramping dan ringan serta cocok untuk penggunaan sehari-hari.


Kamera dan AI yang Mutakhir Untuk Kalangan Profesional


ASUS mengklaim hp ini tidak hanya untuk gamer semata tapi juga untuk content creator, streamer, dan berbagai bidang profesional lain. Klaim asus tersebut dibuktikan dengan ditambahkannya kamera yang disematkan dalam ROG phone ini. Kamera 50 MP dengan 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0 menjadikan video yang dihasilkan menjadi lebih stabil dan terbebas dari guncangan-guncangan. Kamera tersebut juga dilengkapi dengan Optical Image Stabilization (OIS) yang membuat gambar yang dihasilkan menjadi lebih jelas dan berkualitas. Selain kamera utama tersebut, ROG phone 8 juga dibekali dengan kamera ultrawide dengan resolusi 13 MP dengan lensa bebas yang menjadikan pengambilan gambar menjadi lebih luas.
       
 
Pada seri ini juga, ASUS menambahkan kamera telephoto yang dapat memotret dengan optical zoom 3x membuat objek yang difoto menjadi lebih jelas dan besar tanpa menghilangkan detail-detail pada objek. Terakhir dari sektor kamera, ROG Phone 8 juga dibekali kamera depan dengan resolusi 32 MP yang ditingkatkan sudut pengambilannya menjadi 90 derajat menjadikan swafoto menjadi lebih lebar dan cocok untuk swafoto grup. Selain kamera yang dipikirkan secara matang, Asus juga tidak melupakan aspek audio yang mendukung pengambilan video dengan hp ini. Asus menyebut teknologi audionya sebagai OZO audio, audio ini dapat menghilangkan suara angin pada rekaman di luar ruangan dan menangkap suara 3D spatial dengan kecepatan tinggi.
        Kemampuan gahar dari ASUS ROG Phone 8 tidak hanya berasal dari hardware pilihan tetapi juga dari software-software yang dikembangkan ROG Phone telah mengembangkan beragam kemampuan AI canggih yang dapat memudahkan para pengguna dalam berbagai kegiatan. AI yang dikembangkan di antaranya adalah AI grabber, X Capture, dan X sense yang akan memberikan bantuan-bantuan guna meningkatkan pengalaman pengguna dalam bermain gim. Teknologi tersebut tidak dapat dilepaskan dari peningkatan kemampuan AI melalui Machine Learning Recognition dan peningkatan dukungan terhadap Ai pattern recognition. Kemampuan AI yang dikembangkan ASUS juga disematkan dalam teknologi generative image melalui penggunaan AI wallpaper yang telah mendukung stable diffusion. Terdapat juga peningkatan dalam AI noise cancelling sehingga pengguna dapat berkomunikasi secara lebih jelas tanpa terganggu suara berisik dari luar ketika melakukan panggilan maupun komunikasi dalam gim. Ditambahkan pula Semantic search yang dapat memudahkan pengguna karena menggunakan bahasa alami di galeri, launcher, dan pengaturan.


Desain Futuristik

Tidak ketinggalan juga asus memberikan sentuhan futuristik pada ROG Phone 8 melalui pengaturan logo aura ROG pada punggung ponsel dan pada ROG Phone 8 Pro terdapat penambahan layar yang disebut oleh ASUS sebagai layar mini LED Anime Vision. Mini LED tersebut dapat diatur sendiri oleh pengguna untuk mengekspresikan dirinya dengan lebih bebas. Tidak ketinggalan pada seri pro terdapat fitur unik yaitu ketika punggung ponsel dari dua pengguna seri pro bersentuhan akan memunculkan animasi tertentu.

Kehadiran ROG Phone 8 akan menjadikan persaingan ponsel gaming di tahun 2024 menjadi lebih kompetitif dan konsumen memiliki tawaran yang menjanjikan. Bahkan, dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan seri ponsel ini, klaim asus untuk menghadirkan ponsel bagi semua kalangan profesional baik gamer, konten kreator, maupun yang lain bukan isapan jempol belaka.


        Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 8 Blog Writing Competition di Blog Travelerien


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ASUS Zenbook Duo OLED: Laptop Produktivitas Penunjang Segalanya

Tingkatkan Produktivitas dengan Asus Vivobook Pro 14 OLED (M3400)

Mulai Manajemen Keuangan dan Investasi Bareng Nanovest